Kebiasaan Penduduk Jepang



 legendaqq.net

Legendaqq lounge – Penduduk jepang adalah penduduk yang makmur. tapi ternyata penduduk jepang memiliki beberapa kebiasaan ini yang bisa coba untuk di tiru.

Perbedaan budaya jadi salah satu kendala yang biasa dihadapi saat pertama kali datang ke Jepang. Indonesia dan Jepang memang masih sama-sama berada di lingkup Asia. Namun, budaya keduanya cukup kontras.

Hal yang biasa dan dianggap lumrah ketika kita lakukan di Indonesia belum tentu dianggap sopan di Jepang. Wah, apa saja ya?

1. Jangan meletakkan sumpit secara vertikal

 legendaqq.net

Ketika di tengah makan ingin meletakkan sumpit, jangan tancapkan sumpit secara vertikal di atas mangkuk nasi atau kamu bakal dianggap kasar. Hal ini menyimbolkan atau mirip dengan kebiasaan penduduk jepang saat upacara pemakaman seseorang. Jika ingin berhenti makan sejenak, baiknya letakkan sumpit di tatakannya di samping mangkuk.

2. Jangan memakai sepatu di dalam ruangan

 legendaqq.net

Orang Jepang memang terkenal suka kebersihan. Sehingga ketika kamu berkunjung ke rumah seseorang, sepatu harus langsung dilepas begitu melewati pintu masuk dan menggantinya dengan sandal khusus rumah.

Hal ini juga berlaku di beberapa tempat umum di Jepang, seperti sekolah, kuil, rumah sakit, hingga restoran. Biasanya mereka akan memasang tanda jika pengunjung diharuskan berganti alas kaki. Beberapa di antaranya juga memiliki sandal khusus untuk masuk ke toilet, jadi taatilah peraturan tersebut meski rasanya asing.

3. Disiplinlah saat mengantre

 legendaqq.net

Jepang dan warganya sangat terorganisir. Jangan kaget kalau melihat antrean dan barisan yang rapi hampir di seluruh tempat umum, seperti di stasiun kereta, halte bus, hingga di depan eskalator. Jangan sekali-kali memotong antrean alias berebut ketika masuk ke dalam kereta atau bus. Begitu kendaraan sampai, maka tunggu hingga penumpang turun sebelum bergantian masuk.

4. Buang ingus di depan umum is a big no!
 legendaqq.net

Kamu bakal dianggap sangat tidak sopan kalau ketahuan buang ingus di tempat umum, meski suasananya sedang tak begitu ramai. Coba cari toilet terdekat atau menepi ke tempat yang tidak ada orang. Biasanya orang Jepang memakai masker saat flu karena tak ingin tertular virus, terutama saat musim dingin.

5. Jangan memberi tip pada pelayan

 legendaqq.net


Di Indonesia, kita kerap memberikan tip kepada pelayan sebagai bentuk penghargaan atas servisnya yang baik. Namun di Jepang, hal tersebut justru dianggap sebagai penghinaan. Kalau kamu meninggalkan tip di atas meja sekali pun, pelayan akan mengejarmu dan mengira kamu lupa mengambil kembalian.

Saat naik taksi, biasanya para sopir akan menolak kalau pembayaran dibulatkan. Sebisa mungkin mereka akan mencari kembalian sesuai dengan tagihan yang dibebankan.

Sumber : Legendaqq Poker Online

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.